Piagam & Unit Audit Internal

Piagam dan Unit Audit Internal

Perseroan mengikuti Peraturan No. IX.I.17 sebagaimana diatur oleh Bapepam tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam untuk Unit Audit Internal dan mendirikan sebuah Unit Audit Internal. 

Unit Audit Internal membantu Dewan Komisaris, Direksi, serta Komite Audit dalam penerapan standar GCG dalam berbagai bentuk evaluasi, penilaian, presentasi dan rekomendasi untuk upaya perbaikan. Unit Audit Internal melaksanakan rencana kerja berdasarkan hasil analisis risiko perusahaan dan melakukan pemeriksaan pada sistem pengendalian internal dan kebijakan perusahaan. Unit Audit Internal juga harus melakukan pertemuan dengan Dewan Komisaris, Direksi, serta Komite Audit.

Tugas & Tanggung Jawab

  1. Membantu Dewan Komisaris, Direksi dan/ atau Komite Audit dalam penerapan GCG yang baik yang mencakup pemeriksaan, penilaian, presentasi, evaluasi, rekomendasi serta mengadakan kegiatan assurance dan berkonsultasi dengan unit-unit kerja agar dapat melaksanakan tugas dan tangung jawab secara efektif dan efisien sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh perusahaan dan Rapat Umum Pemegang Saham;
  2. Menyusun dan melaksanakan rencana kerja Audit Internal tahunan berdasarkan hasil analisa risiko (risk-based audit) yang dihadapi manajemen dalam pencapaian misi, visi, strategi perusahaan, dan strategi bisnis.
  3. Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian intern dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan Perseroan.
  4. Mempersiapkan dan melaksanakan audit ketaatan (compliance audit) terhadap berbagai ketentuan dan peraturan, termasuk anggaran, audit keuangan (financial audit) atas pos-pos tertentu untuk mendukung audit laporan keuangan oleh audit eksternal dan audit operasional (operational audit) untuk mengukur tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan manajemen.
  5. Melakukan pemeriksaan dan penilaian terhadap sistem pengendalian pengelolaan, pemantauan efektivitas serta efisiensi sistem dan prosedur, dalam bidang berikut ini:
    1. Keuangan
    2. Akuntansi
    3. Operasional
    4. Pemasaran
    5. Sumber daya manusia
    6. Teknologi informasi dan
    7. Kegiatan lainnya
  6. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen.
  7. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris dan/atau Komite Audit.
  8. Memantau, menganalisis dan melaporkan pelaksanaan tindakan korektif (corrective action) yang telah disarankan.
  9. Bekerja sama dengan Komite Audit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab Komite Audit.
  10. Melakukan fungsi koordinasi dengan grup audit internal atau grup lainnya yang tidak mempunyai audit internal sendiri.
  11. Melakukan pemeriksaan khusus dalam lingkup pengendalian internal yang ditugaskan oleh Dewan Komisaris, Direksi dan/atau Komite Audit.
  12. Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya.

Kewenangan

  1. Menyusun, mengubah dan melaksanakan kebijakan audit internal termasuk untuk mengalokasikan SDM audit, menentukan fokus, prosedur, ruang lingkup dan jadwal pelaksanaan pekerjaan audit serta menerapkan teknik yang dipandang perlu untuk mencapai tujuan audit.
  2. Memperoleh semua dokumen dan catatan yang relevan tentang Perseroan, dan meminta keterangan dan informasi berkaitan dengan objek audit yang dilaksanakannya, baik secara lisan, tertulis.
  3. Melakukan verifikasi dan uji kehandalan terhadap informasi yang diperolehnya, dalam kaitan dengan penilaian efektivitas sistem yang diauditnya.
  4. Memastikan bahwa manajemen telah melaksanakan tindak lanjut atas rekomendasi hasil laporan.
  5. Melakukan komunikasi secara langsung dengan Dewan Komisaris, Direksi dan/atau Komite Audit serta anggota Dewan Komisaris, Direksi, dan/atau Komite Audit.
  6. Mengadakan rapat secara berkala dan insidentil dengan Direksi, Dewan Komisaris, dan/atau Komite Audit.
  7. Melakukan koordinasi kegiatannya dengan kegiatan auditor eksternal.

Unit Audit Internal tidak mempunyai kewenangan dalam pelaksanaan dan tanggung jawab atas aktivitas yang ditinjau/diaudit, tapi bertanggung jawab atas penilaian dan analisis terkait aktivitas tersebut.

Translate »