komite audit

Komite Audit Perseroan, beserta Piagam Komite Audit yang menjadi panduan untuk menjalankan tugas dan fungsi Komite Audit, telah dibentuk sesuai dengan ketentuan POJK No. 55/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman pelaksanaan Kerja Komite Audit. Pembentukan Komite Audit didasarkan pada Keputusan Rapat Dewan Komisaris Perseroan No. 002/MCI/SK-DK/I-VIII/17 tanggal 16 Agustus 2017. Dan terjadi perubahan susunan keanggotaan Komite Audit Perseroan Pada 1 Maret 2018 didasarkan pernyataan Dewan Komisaris Perseroan No. 005/ MCI/CORP/E-III/18.

 

Keanggotaan Komite Audit
Susunan anggota Komite Audit per akhir 2018 adalah sebagai berikut:
1. Himawan Leenardo (Komisaris Independen) – Ketua
2. Sari Damayanti– Anggota
3. Karlina – Anggota

Seluruh anggota Komite Audit dilantik pada tahun 2017 untuk masa jabatan lima tahun, hingga tahun 2022. Kecuali Saudari Karlina yang diangkat untuk menggantikan Saudari Inda Ayu Susanti sesuai dengan pernyataan Dewan Komisaris Perseroan No. 005/MCI/CORP/E-III/18 Masa jabatan Komite Audit tidak boleh lebih lama daripada masa jabatan yang bersangkutan sebagai anggota Dewan Komisaris.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Komite Audit
Komite Audit Perseroan bertugas dan bertanggung jawab untuk:
a. Melakukan penelaahan atas informasi keuangan yang akan dikeluarkan Perseroan kepada publik dan/atau pihak otoritas antara laporan keuangan, proyeksi, dan laporan lainnya terkait dengan informasi keuangan Perseroan.
b. Melakukan penelaahan atas ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan.
c. Memberikan pendapat independen dalam hal terjadi perbedaan pendapat antara Manajemen dan Akuntan atas jasa yang diberikannya.
d. Memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai penunjukan Akuntan yang didasarkan pada independensi, ruang lingkup, penugasan, dan fee.

e. Melakukan penelaahan atas pelaksanaan pemeriksaan oleh auditor internal dan mengawasi pelaksanaan tindak lanjut oleh Direksi atas semua temuan auditor internal.
f. Melakukan penelaahan terhadap aktivitas pelaksanaan manajemen risiko yang dilakukan oleh Direksi, jika Perseroan tidak memiliki fungsi pemantau risiko di bawah Dewan Komisaris.
g. Menelaah pengaduan yang berkaitan dengan proses akuntansi dan pelaporan keuangan Perseroan.
h. Menelaah dan memberikan saran kepada Dewan Komisaris terkait dengan adanya potensi benturan kepentingan Perseroan.
i. Menjaga kerahasiaan dokumen, data, dan informasi Perseroan.

 

Dalam melaksanakan tugasnya Komite Audit mempunyai wewenang untuk:
a. Mengakses dokumen, data dan informasi Perseroan tentang karyawan, dana, dan aset Perseroan.
b. Berkomunikasi langsung dengan karyawan, termasuk Direksi dan pihak yang menjalankan fungsi audit internal, manajemen risiko, dan akuntan terkait tugas dan tanggung jawab Komite Audit.
c. Melibatkan pihak independen di luar Komite Audit yang diperlukan untuk membantu pelaksanaan tugasnya (jika diperlukan).
d. Melakukan kewenangan lain yang diberikan oleh Dewan Komisaris.

 

Anggota komite yang masih, atau yang tidak lagi menjabat, wajib menjaga kerahasiaan dokumen, data, dan informasi Perseroan yang diperoleh sewaktu menjabat sebagai anggota komite, baik dari pihak internal maupun eksternal, dan hanya boleh menggunakannya untuk kepentingan pelaksanaan tugasnya.

 

Independensi Komite Audit
Komite Audit menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai Piagam Komite Audit dengan mempertahankan prinsip independensi. Semua anggota Komite Audit berasal dari pihak eksternal yang independen yang tidak memiliki hubungan dengan pemegang saham, anggota Dewan Komisaris, ataupun anggota Direksi Perseroan. Selain itu, Komite Audit juga diketuai oleh Komisaris Independen.

 

Rapat Komite Audit
Komite Audit diwajibkan untuk mengadakan rapat Komite Audit sekurang-kurangnya satu kali setiap 3 (tiga) bulan. Pada tahun 2018 Komite Audit menyelenggarakan 4 rapat.

 

Profil Anggota Komite Audit

 

Himawan Leenardo
Ketua
Profil disajikan pada bagian Profil Dewan Komisaris.

 

Karlina
Anggota
Warga Negara Indonesia, domisili di Jakarta. Lahir tahun 1992. Diangkat sebagai anggota Komite Audit Perseroan pada tahun 2018. Sebelumnya bekerja di Omega Group sebagai Finance & Accounting (2013–2018). Lulus dengan gelar Diploma III Manajemen Administrasi, dari Bina Sarana Informatika tahun 2013.

Sari Damayanti
Anggota
Warga Negara Indonesia, domisili di Jakarta. Lahir tahun 1984. Diangkat sebagai anggota Komite Audit Perseroan pada tahun 2018. Saat ini bekerja di PT Mitra Cipta Teknologi sebagai Staf Administrasi Finance, sejak 2015. Sebelumnya bekerja di PT Tanganmas Decorindo sebagai Staf Administrasi (2007–2008), PT Hasilindo Cemerlang sebagai Staf Administrasi (2008–2010), PT Mitra Komunikasi Nusantara sebagai  Staf Administrasi Finance (2013–2014), dan PT Ekosistem Telekomunikasi Indonesia sebagai Staf Administrasi Finance (2014–2015). Lulus dari Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi dengan gelar Diploma 3 dari Universitas Bina Nusantara.

*Sumber : Laporan Tahunan PT M Cash Integrasi Tbk. 2019