TANGGUNG JAWAB SOSIAL & LINGKUNGAN

Sebagai perusahaan infrastruktur digital, prinsip sentral Perseroan adalah distribusi produk digital dan penyediaan layanan digital. Dengan demikian, produk dan layanan yang ditransaksikan pada platform milik Perseroan menghasilkan sedikit atau bahkan tidak ada limbah seperti kertas, mengingat minimnya inventaris fisik yang diperlukan. Lebih penting lagi, Perseroan juga mempromosikan inisiatif nirkontak, yang akan membantu mengurangi produksi limbah yang terkait dengan kontak fisik antar manusia. Misalnya, melalui pertumbuhan platform WhatsApp for Business (WABA) Grup, Grup dapat terlibat dalam aktivitas komersial dan pemasaran dengan klien dan pelanggan tanpa membuka saluran fisik. Grup berkomunikasi secara aman dengan pengguna platformnya dan membantu penggunanya beraktivitas dalam kondisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) melalui layanan yang disediakan di platform WABA.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, Grup, melalui anak usahanya, PT Dam Korporindo Digital, telah bermitra dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia untuk memberikan informasi resmi dan pembaruan terkini tentang pandemi melalui platform WABA milik Grup. Platform chatbot ini memungkinkan pengguna menerima berbagai data real-time, termasuk jumlah kasus Covid-19 di seluruh negeri, langkah-langkah yang harus diambil untuk keselamatan, pusat tes yang tersedia, dan banyak lagi. Kemitraan ini merupakan upaya memberikan informasi kepada masyarakat dan mengurangi jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. Khusus dalam pemenuhan tanggung jawab lingkungan, Perseroan melalui anak usahanya, PT Surya Teknologi Perkasa, menerjunkan ratusan unit sepeda di Jakarta yang mana merupakan inisiatif GOWES bike sharing bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. GOWES adalah transportasi jarak pendek ramah lingkungan yang dirancang untuk masyarakat perkotaan untuk mendukung mobilitas mereka dan memungkinkan mereka berolahraga sambil berkeliling kota GOWES tanpa mengeluarkan karbon dan menghasilkan polusi suara. Terkait praktik ketenagakerjaan dan pemberdayaan masyarakat, Perseroan telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya sejak penawaran umum perdana Perseroan dengan mengintegrasikan kebijakan dan rencana tanggung jawab sosial ke dalam model bisnisnya, yang disebut Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terintegrasi. Pada tahun 2020, Perseroan bekerja sama dengan PT Sicepat Ekspres juga berpartisipasi dalam pembagian masker Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu masyarakat yang rentan terdampak pandemi. Selain itu, Grup juga bekerja sama dengan TransJakarta untuk meluncurkan KasirKu, kios tiket nirkontak, di terminal bus untuk membantu pengguna TransJakarta dalam menerapkan pembatasan sosial dalam kondisi New Normal.

*Sumber : PT M Cash Integrasi Tbk. Laporan Tahunan 2020