internal audit

Unit Audit Internal merupakan unit kerja di Perseroan yang menjalankan fungsi audit internal sebagaimana disyaratkan dalam ketentuan POJK No. 56/POJK.04/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal.

 

Struktur dan Kedudukan Unit Audit Internal
Unit Audit Internal dibentuk oleh Direksi, dan berada di bawah kendali Satuan Pengawasan Internal. Unit Audit Internal Perseroan memiliki Piagam Audit Internal yang disusun dan disahkan oleh Direksi pada tanggal 18 Agustus 2017. Piagam Audit Internal memberikan panduan umum kepada Unit Audit Internal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

 

Profil Kepala Unit Internal Audit
Berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 001/MCI/SK-DIR/ I-V/17 tanggal 1 Mei 2017, Perseroan mengangkat Felica sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal (sekaligus sebagai Kepala Unit Internal Audit). Namun selanjutnya sesuai Keputusan Direksi No. 057/MCI/CORP/E-IV/18 tanggal 10 April 2018,Perseroan mengangkat Lenny Stelyanto sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal (sekaligus sebagai Kepala Unit Internal Audit), menggantikan Felica.

 

Lenny Stelyanto
Warga negara Indonesia, lahir tahun 1992, dan berdomisili di Jakarta. Diangkat sebagai Kepala Unit Internal Audit Perseroan di tahun 2018. Lulus dari Universitas Atma Jaya, Jakarta, dengan gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi. Sebelum bergabung dengan Perseroan, sempat bekerja di KAP Purwantono, Sungkoro & Surja sebagai Senior Auditor (2013–2017).

 

Tugas dan Tanggung Jawab Unit Audit Internal
Unit Audit Internal memiliki tugas dan tanggung jawab untuk:
a. Membantu Direksi, Komisaris dan/atau Komite Audit dalam penerapan GCG yang meliputi pemeriksaan, penilaian, penyajian, evaluasi, saran perbaikan, serta mengadakan kegiatan assurance dan konsultasi kepada unit kerja untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara efektif dan efisien, sesuai kebijakan yang ditentukan oleh Perseroan dan RUPS.
b. Menyusun dan melaksanakan rencana Audit Internal tahunan berdasarkan hasil analisis risiko yang dihadapi manajemen dalam pencapaian misi, visi, strategi Perseroan dan strategi bisnis.
c. Menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan Perseroan.
d. Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas sistem serta prosedur dalam bidang Keuangan, Akuntansi, Operasional, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, IT, dan kegiatan lainnya.
e. Memberikan saran perbaikan dan informasi yang objektif tentang kegiatan yang diperiksa pada semua tingkat manajemen.
f. Membuat laporan hasil audit dan menyampaikan laporan tersebut kepada Direktur Utama dan Dewan Komisaris dan/ atau Komite Audit.
g. Memantau, menganalisis dan melaporkan pelaksanaan tindak lanjut (corrective action) perbaikan yang telah disarankan.
h. Bekerja sama dengan Komite Audit.

i. Melakukan fungsi koordinasi dengan grup internal audit lainnya atau yang tidak mempunyai internal audit sendiri.
j. Melaksanakan pemeriksaan khusus dalam lingkup pengendalian internal yang ditugaskan oleh Direksi, Dewan Komisaris, dan/atau Komite Audit.
k. Menyusun program untuk mengevaluasi mutu kegiatan audit internal yang dilakukannya.

 

Unit Audit Internal berwenang untuk:
a. Menyusun, mengubah dan melaksanakan kebijakan audit internal termasuk untuk mengalokasikan sumber daya audit, menentukan fokus, prosedur, ruang lingkup dan jadwal pelaksanaan pekerjaan audit serta menerapkan teknik yang dipandang perlu untuk mencapai tujuan audit.
b. Memperoleh semua dokumen dan catatan yang relevan tentang Perseroan, dan meminta keterangan dan informasi terkait atas objek audit yang dilaksanakannya, baik secara lisan, tertulis, ataupun real time.
c. Melakukan verifikasi dan uji kehandalan informasi yang diperolehnya, berkaitan dengan penilaian efektivitas sistem yang diauditnya.
d. Memastikan manajemen telah melaksanakan tindak lanjut atas rekomendasi hasil laporan.
e. Melakukan komunikasi secara langsung dengan Direksi, Dewan Komisaris, dan/atau Komite Audit serta anggota dari
Direksi, Dewan Komisaris, dan/atau Komite Audit.
f. Mengadakan rapat secara berkala dan insidentil dengan Direksi, Dewan Komisaris, dan/atau Komite Audit.
g. Melakukan koordinasi kegiatannya dengan kegiatan auditor eksternal. Unit Audit Internal tidak mempunyai kewenangan pelaksanaan dan tanggung jawab atas aktivitas yang direview/diaudit, tetapitanggung jawabnya terletak pada penilaian dan analisis atas aktivitas tersebut.

 

Pelaksanaan Tugas Unit Audit Internal
Sepanjang tahun 2018, Unit Audit Internal telah melaksanakan tugas-tugas pengawasan dan melakukan pemeriksaan terhadap fungsi-fungsi di Perseroan, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana tercantum dalam Piagam Unit Audit Internal.

*Sumber: Laporan Tahunan PT M Cash Integrasi Tbk. 2018